Kamis, April 16, 2015

Menambahkan Fitur Chatting Pada SLiMS

Fitur chatting yang penulis tambahkan ke SLiMS disini sifatnya adalah tempelan dimana databasenya tidak terintegrasi kedalam SLiMS ( Senayan Library Management System) seperti pada SLiMS ( Senayan Library Management System) Akasia. Layanan chatting yang penulis gunakan adalah layanan dari https://www.spot.im .Berikut langkah-langkah yang penulis lakukan.

Mendaftar di https://www.spot.im gratis untuk pendaftaran.



   Pada halaman Dashboard akan muncul pop up menu sign up melalui akun sosial dan email anda.
 Pada tahap berikutnya adalah tahap melengkapi profile, silahkan di isi sesuai kebutuhan dan klik embed code.
Setelah profile lengkap maka akan muncul code embed widget, code tersebut nantilah yang akan di tempelakan pada SLiMS ( Senayan Library Management System). Silahkan di copy dulu code tersebut.
Langkah berikutnya adalah menempelkan kode widget tersebut ke halaman index template SLiMS. Silahkan buka file index_template.inc.php template yang digunakan oleh SLiMS ( Senayan Library Management System) dan sisipkan kode embed pada bagian footer seperti berikut.
Buka SLiMS yang dipasangi kode tersebut, dan jika tidak ada masalah maka fitur chatting sudah akan muncul di SLiMS ( Senayan Library Management System).
Daftar Bacaan.
http://goslims.blogspot.com/2015/03/menambahkan-fitur-chatting-pada-slims.html





Unknown

Author & Editor

IT- Librarian

1 komentar:

  1. fitur chat ini sudah diterapkan di slims 8 akasia,di meranti dan cendana masih bisa digunakan dengan cara ini :D

    BalasHapus

 

Manfaat Sistem Otomasi Perpustakaan

  • enhance interactivity

    Apabila dirancang secara cermat, sistem otomasi dapat meningkatkan kadar, interaksi, baik antara pemustaka dengan pustakawan, baik antara sesama pemustaka , maupun antara pustakawan dengan koleksi (enhance interactivity).

  • time and place flexibility

    Mengingat koleksi yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh pemustaka melalui internet, maka pemustaka dapat melakukan akses terhadap bahan pustaka ini kapan saja dan dari mana saja.

  • potential to reach aglobal audience

    Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah pemustaka yang dapat dijangkau melalui sistem otomasi semakin banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat mengakses. Interaksi dilakukan melalui internet.